NewYork, LiputanIslam.com –  Para pemimpin Inggris, Jerman, dan Perancis menyatakan Iran “bertanggungjawab” atas serangan terhadap dua pabrik minyak Aramco milik Arab Saudi dan mendesak Iran untuk tidak melakukan “provokasi lagi”.

“Jelas bagi kami bahwa Iran bertanggungjawab atas serangan ini. Tak ada tafsiran lain,” ungkap Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Angela Merkel, dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dalam sebuah pernyataan bersama usai pertemuan segi tiga yang mereka ada di sela Majelis Umum PBB, Senin (23/9/2019).

Tiga negara terkemuka Eropa itu juga menyerukan diskusi mengenai proyek nuklir dan rudal Iran serta isu keamanan regional Teluk Persia.

Baca: Zarif: Rouhani Siap Bertemu Trump dengan Syarat

Mereka juga menyatakan, “Sudah tiba saatnya Iran menerima kerangka jangka panjang kami untuk perundingan mengenai program nuklir, di sampaing isu keamanan regional, yang mencakup program rudalnya.”

Baca: Trump Mengaku Siap Dengarkan Rancangan Perdamaian Rouhani di PBB

Amerika Serikat dan Arab Saudi sebelumnya juga menuding Iran berada di balik serangan yang terjadi pada 14 September tersebut, namun Iran membantah keras tuduhan itu. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*