NewYork, LiputanIslam.com –   Sumber-sumber diplomat, Rabu (9/10/2019), menyatakan bahwa negara-negara Eropa di Dewan Keamanan PBB meminta penyelenggaraan sidang darurat tertutup Dewan Keamanan PBB, Kamis (10/10/2019), untuk membahas operasi militer Turki di Suriah.

Permintaan itu diajukan oleh Belgia, Prancis, Jerman, Polandia, dan AS, dan sidang akan diselenggarakan pada tengah hari waktu setempat usai perundingan-perundingan tertutup di Dewan Keamanan mengenai Kolumbia.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melalui Twitter, Rabu, menyatakan bahwa operasi militer Turki telah dimulai di Suriah utara dengan sandi “Operasi Musim Semi Perdamaian”.

Sebelumnya, pemerintah Suriah mengecam operasi militer Turki dan menyatakan bahwa Suriah akan membela diri di depan agresi Turki.

Baca: Kelompok-Kelompok Militan Dukungan Turki di Suriah Dikerahkan Menuju Manbij

Sumber resmi di Kementerian Luar Negeri Suriah menyatakan negaranya mengutuk pengerahan pasukan Turki di wilayah perbatasan, dan memastikan adanya “keutusan dan kehendak untuk menghadang agresi Turki dengan segala cara yang sah”.

Bersamaan dengan pengerahan pasukan Turki, terjadi pula pengerahan puluhan ribu militan Suriah pro- Turki dengan tujuan membantu pasuka  Turki memerangi milisi Kurdi Suriah. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*