Teheran, LiputanIslam.com –  Unjuk rasa akbar kembali digelar oleh rakyat Iran di berbagai kota untuk mengutuk para perusuh dan menyatakan dukungannya kepada pemerintahan Republik Islam Iran. Bersamaan dengan ini pasukan elit Iran Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) menegaskan kegagalan upaya pengacauan keamanan dan stabilitas Iran dalam tempo 48 jam.

Para pengunjuk rasa turun ke jalan-jalan di kota Masyhad, Semnan, Teheran, Khorramshahr, Abadan, Mahshar, Behbahan dan Khuzestan, Jumat (22/11/2019).

Massa meneriakkan slogan-slogan dukungan kepada Pemimpin Besar Iran Ayatullah Sayid Ali Khamenei dan pemerintahan Republik Islam serta penolakan terhadap AS dan Israel. Massa juga mengutuk konspirasi asing dan regional terhadap negara mereka, serta mengungkapkan persatuan rakyat Iran di depan para pembangkang serta campur tangan asing.

Baca: Rouhani: Kerusuhan Teroganisir, Tapi Iran Dapat Mengatasi Krisis

Khotib Jumat di Teheran Ayatullah Ahmad Jannati menegaskan bahwa AS dan para sekutunya di Eropa dan Saudi merupakan pihak yang terdepan dalam upaya membangkitkan huru-hara, perusakan, dan penghancuran properti umum di Iran dengan dalih kenaikan harga bensin.

Komandan Umum Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) Laksamana Ali Fadavi menegaskan bahwa Teheran telah menggagalkan semua upaya musuh untuk mengacaukan keamanan dan stabilitas Iran.

Baca: AS Berupaya Beri ‘Nafas Buatan’ untuk Kerusuhan di Iran

Dia mengatakan bahwa semua musuh Iran belakangan berupaya mengguncang keamanan dan stabilitas negara ini, dan bahwa AS dan para penjahat dunia pengikutnya adalah pihak yang merencakan upaya itu.

Fadavi menambahkan bahwa sebagaimana pernah terjadi di masa lalu upaya musuh kali ini untuk mengacaukan keamanan dan stabilitas Iran itu dapat digagalkan dalam tempo 48 jam.

Jaksa Agung Iran Ayatullah Ibrahim Raisi menegaskan para perusuh dan gembong mereka kini sedang menanti hukuman tegas dan berat atas ulah mereka membangkitkan kerusuhan dan huru-hara di tengah masyarakat.

Seperti pernah diberitakan, unjuk rasa akbar serupa sehari sebelumnya juga melanda berbagai kota dan daerah di seluruh penjuru Iran.

Baca: Iran Dilanda Gelombang Demo Tandingan Anti-Perusuh

(mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*