skandal-foto-hoax-aleppoKairo, LiputanIslam.com –   Pejabat Media Center Keamanan pada Kemendagri Mesir, Senin (19/12/2016), menyatakan aparat keamanan negara ini telah mengamankan lima orang dewasa dan dua anak kecil karena diduga bermaksud membuat foto-foto pemandangan berdarah untuk kemudian disebarkan sebagai gambar-gambar hoax pemandangan di kota Aleppo, Suriah.

Pejabat itu mengatakan bahwa mereka semua adalah warga yang tinggal di kota Bursaid (Port Said), dan diringkus ketika sedang dalam proses pemotretan seorang gadis kecil.

Saat penangkapan, gadis itu sedang mengenakan gaun putih yang berlumur cairan warna merah yang hendak dikesankan sebagai darah, dan tangan kanannya terlilih kain perban yang juga berlumur warna yang sama.

Agar lebih dramatis lagi, gadis kecil tak berdosa yang diperalat oleh para penebar fitnah itu disertai dengan boneka kecil yang terkoyak dan juga berlumur cairan merah.

Foto –foto diambil dengan latar belakang puing-puing bangunan rumah yang sudah dirobohkan oleh pihak yang berwenang karena memang sudah tak layak huni.

Pejabat itu menjelaskan bahwa penangkapan itu terjadi ketika aparat sedang menjalankan tugas pengamanan Terusan Suez.

Dalam pemeriksaan para tersangka mengakui melakukan semua ini untuk membuat foto-foto yang akan disebar melalui berbagai medsos sebagai gambar pemandangan mengenaskan yang terjadi di Aleppo. (Baca: Dina Sulaeman Membongkar Hoax Soal Aleppo)

Dari tangan para tersangka telah didapat beberapa barang bukti termasuk satu kamera, enam telfon genggam, dan satu kotak plastik tempat menyimpan cairan merah.

Kemenangan pasukan Suriah dan sekutunya dalam perang melawan pemberontak dan teroris di Aleppo belakangan ini membuat banyak pembenci Suriah berlomba menebar fitnah, terutama dengan cara menebar foto hoax melalui medsos. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL