TelAviv,LiputanIslam.com-Rezim Zionis mulai membangun ‘benteng-benteng’ pasir di salah satu jalan penghubung di utara Jalur Gaza, Senin (20/5). Israel berharap, benteng-benteng pasir itu bisa melindungi para pemukim Yahudi dari “roket-roket antitank” yang ditembakkan dari arah Gaza.

Menurut harian Yedioth Ahronoth, jalan itu merupakan jalur utama yang setiap hari dilintasi ratusan kendaraan militer dan nonmiliter, sehingga kendaraan-kendaraan itu bisa menjadi sasaran empuk tembakan roket langsung dari utara Gaza.

Dalam konflik senjata terakhir di Gaza, pejuang Palestina sukses menghancurkan sebuah kendaraan militer Israel dengan roket antitank. Serangan itu menewaskan seorang serdadu Zionis. Ancaman roket-roket antitank itu tak pelak membuat khawatir para petinggi keamanan dan militer Israel.

Pada Sabtu pagi 4 Mei lalu, Israel menyerang sejumlah kawasan di Jalur Gaza. Agresi ini segera dibalas oleh kelompok pejuang Palestina dengan sejumlah roket. Aksi saling balas serangan ini tidak berhenti dan terus berlanjut.

Rezim Zionis kembali menyerang Gaza pada hari berikutnya (5 Mei), yang juga ditanggapi dengan serangan roket dan rudal Palestina. Akhirnya, gencatan senjata diadakan di Gaza dengan mediasi PBB, Qatar, dan Mesir.

Akibat serangan Israel ke Gaza, sebanyak 27 warga Palestina gugur, termasuk tiga wanita, dua bayi perempuan, dan dua janin. Pejuang Palestina sendiri menembakkan 690 rudal dan roket ke arah Israel, hingga menewaskan 4 Zionis dan melukai 130 lainnya. Sebuah kendaraan pengangkut dan jip Israel juga luluh lantak terkena roket Palestina. (af/alalam)

 

Baca: 

Hamas Bantah Klaim Israel Soal Gencatan Senjata 6 Bulan

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*