Washington,LiputanIslam.com-Kementerian Pertahanan AS (Pentagon) melalui jubirnya mengklaim, pemasukan yang diperoleh dari ladang minyak Suriah tidak dibawa ke AS.

“Uang dari minyak ini tidak dibawa ke AS, tapi diserahkan ke milisi Kurdi (SDF),”kata Jonathan Hoffman, Kamis (7/11), seperti diwartakan oleh Reuters.

Hoffman menambahkan, AS berharap agar Turki mengadili pasukan dukungan Ankara mana pun yang telah melakukan kejahatan perang di timur laut Suriah.

Baca: Moskow: Kontrol Ladang Minyak Suriah Harus Dipegang Damaskus

Baru-baru ini Donald Trump mengumumkan, Washington akan mempertahankan sejumlah serdadunya utara Suriah “untuk melindungi ladang-ladang minyak” negara tersebut.

“Kami menjaga minyak. Oleh karena itu, sedikit dari pasukan AS akan bertahan di kawasan-kawasan yang memiliki minyak. Kami akan menjaga kawasan-kawasan tersebut dan di masa datang kami memutuskan apa yang akan kami lakukan dengannya,”kata Trump.

Sebelum ini, Lindsey Graham, seorang senator AS yang dekat dengan Trump, menyatakan bahwa Washington tak akan membiarkan sumber-sumber minyak utara Suriah dikuasai Damaskus atau Teheran. Trump sendiri kerap mengkritik pemerintah-pemerintah AS terdahulu lantaran tidak mengambil kendali atas minyak Timur Tengah. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*