Teheran,LiputanIslam.com-Pemimpin spiritual Republik Islam Iran mendedah perilaku pongah Barat, termasuk Eropa, terhadap negaranya terkait masalah kesepakatan nuklir (JCPOA). Ayatullah Ali Khamenei menyatakan, perilaku Barat ini didasari karakter arogan mereka.

“Sikap arogan membuat orang-orang Barat tidak mampu memahami kenyataan. Namun tentu saja arogansi ini hanya menguntungkan mereka saat berhadapan dengan bangsa dan negara lemah. Namun, di hadapan bangsa yang tak kenal takut dan membela hak-haknya, arogansi Barat justru membuat mereka dikalahkan,”tandas Ayatullah Khamenei di hadapan para imam salat Jumat Iran, Selasa (16/7).

Baca: Zarif: Pada Akhirnya Iran akan Menjual Minyaknya, Bukan Harga Dirinya

Pemimpin tertinggi Iran ini lalu menyinggung statemen Javad Zarif soal 11 komitmen Eropa dalam JCPOA untuk Iran, tapi tak satu pun yang dipenuhi oleh mereka.

“Menteri luar negeri kita, yang telah bersusah payah dan masih menghormati etika diplomatik, secara terbuka menegaskan bahwa Eropa tidak memenuhi satu pun janji mereka dalam kesepakatan nuklir,”kata Ayatullah Khamenei.

“Kita telah melaksanakan semua komitmen kita di JCPOA, bahkan lebih. Namun, karena Eropa bertingkah, kini kita mulai mengurangi komitmen-komitmen kita. Anehnya, Eropa tanpa merasa malu mengecam kita.”

“Kalian orang-orang Eropa tidak memenuhi janji kalian sama sekali. Jadi, atas dasar apa kalian menuntut kami tetap menjaga komitmen? Ketahuilah, kami baru saja mengurangi komitmen kami dan proses ini pasti akan terus berlanjut,”tegasnya. (af/alalam)

Baca Juga:

Iran akan Luncurkan Kendaraan Militer Lapis Baja Terbaru

Rezim Bahrain Gunakan Al-Qaeda untuk Bantai Kelompok Syiah

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*