Teheran,LiputanIslam.com-Menteri luar negeri Iran menegaskan, pasukan-pasukan asing yang sudah gagal di Afghanistan harus segera angkat kaki dari negara itu.

“Saya sangat mencemaskan Afghanistan. Orang-orang asing yang sudah kalah harus segera pergi (dari Afghanistan). Perang saudara juga harus dihentikan, terutama karena pihak-pihak asing bisa menyalahgunakan situasi ini dan menciptakan pertumpahan darah baru,”cuit Mohammad Javad Zarif dalam akun Twitter-nya.

Baca: Taliban Sebut Putusan Trump Akan Renggut Nyawa Pasukan AS di Afghanistan

Ia menambahkan, Iran siap bekerjasama dengan pemerintah Afghanistan dan semua pihak, termasuk negara tetangga, untuk mengakhiri kekerasan di negara tersebut.

Zarif merilis statemennya menyusul tindakan Donald Trump yang menangguhkan perundingan dengan Taliban. Trump mengklaim, langkah ini diambil sebagai respon atas pemboman yang dilakukan Taliban pekan lalu di Kabul.

AS menginvasi Afghanistan sejak 2001 dengan dalih untuk mengalahkan Taliban. Sejak beberapa bulan lalu, Washington melakukan perundingan dengan kelompok tersebut. Trump mengaku, dengan menjalin kesepakatan bersama Taliban, dia berniat mengeluarkan pasukan AS dari perang terpanjang sepanjang sejarah Paman Sam. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

Militer Turki Masuki Suriah, Tanda Dimulainya Kerjasama “Zona Aman” AS-Turki

Ansarullah Yaman Gempur “Sasaran Penting” Saudi di Khamis Mushait

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*