LarijaniTeheran, LiputanIslam.com — Juru bicara dari Iran’s Parliament (Majelis Iran), Ali Larijani , mengatakan bahwa Republik Islam Iran mendukung digelarnya negosiasi/ dialog antara semua pihak yang terlibat dalam krisis Yaman. Menurut Iran, dialog nasional adalah satu-satunya jalan keluar untuk mengakhiri konflik.

Dalam pembicaraannya melalui telepon dengan Ketua Majelis Nasional Pakistan Sardar Ayaz Sadiq, Larijani menyesalkan serangan udara yang dilakukan oleh Arab Saudi dan sekutunya, yang telah mengakibatkan tewasnya ratusan warga Yaman dan hancurnya insfratruktur negara. (Baca: Lembaga HAM Yaman: Jumlah Korban Tewas Warga Sipil Yaman 857 Orang)

“Agresi militer tersebut, terlepas dari tujuannya, merupakan pukulan bagi umat Islam dan mendatangkan manfaat rezim Zionis (Israel) dan negara-negara adidaya lainnya. Negara-negara yang agresif ini harus menjelaskan mengapa mereka menggunakan fasilitas mereka untuk menggempur sebuah negara Muslim,” ucapnya, seperti dilansir Press TV, 5 April 2015.

Larijani juga menyebut Yaman sebagai bangsa yang berani, yang telah membekukan penyusup asing yang berusaha masuk ke negaranya. Ia menilai, perlawanan yang dilakukan rakyat Yaman akan menjadikan para agresor ini menyesal.

Dia juga meminta negara-negara yang menggempur Yaman ini mengambil pelajaran dari tindakan militer yang dilakukan oleh Uni Sovyet dan Amerika Serikat di Afghanistan, yang berujung pada kegagalan.

Menanggapi pernyataan Larijani, Sardar Sadiq mengungkapkan bahwa pihaknya tidak memiliki niat untuk terlibat dalam krisis Yaman, dan berupaya untuk turut berpartisipasi dalam perdamaian Yaman, yang sejalan dengan kepentingan dunia Muslim.

Seperti diketahui, serangan militer yang dilakukan Arab Saudi dan sekutunya atas Yaman mulai dilakukan pada tanggal 26 Maret, tanpa adanya mandat dari PBB, untuk mengembalikan kekuasaan mantan Presiden Yaman, Abd Rabbuh Mansur Al-Hadi, dan menumpas gerakan revolusioner Ansarullah. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL