serangan saudi ke yamanSanaa, LiputanIslam.com – Sebuah lembaga peduli HAM menyatakan bahwa jumlah korban tewas warga sipil di Yaman sejak sejak Arab Saudi dan sekutunya melancarkan serangan udara ke Yaman pada 26 Maret lalu mencapai 857 orang, 160 di antaranya anak kecil.

Situs al-Khabar yang berbasis di Yaman melaporkan, seorang petinggi organisasi Rumah Kebebasan untuk Pembelaan HAM dan Pembasmian Korupsi dalam jumla pers di Sanaa, ibu kota Yaman, Sabtu (4/4/2015) menyatakan, “Berdasarkan data-data awal yang diperoleh sejak awal serangan jet tempur Saudi dan negara-negara sekutunya ke Yaman pada 26 Maret lalu hingga 1 April, sebanyak 857 warga sipil tewas, termasuk 160 anak kecil, 32 perempuan, dan 13 lansia. Selain itu, sebanyak 2,214 warga sipil menderita luka-luka, 208 di antaranya anak kecil, dengan kondisi 76 di antaranya parah.

Laporan itu juga menyebutkan bahwa 936 rumah hancur terkena gempuran langsung pesawat tempur Saudi dan sekutunya, dan sebanyak 17 rumah di antaranya hancur lebur ketika penghuninya berada di dalam rumah.

Sementara itu, jet-jet tempur Saudi dilaporkan kembali menebar maut dan tragedi di provinsi Sanaa dengan menggempur desa Hijir Akash di distrik Bani Matar hingga menjatuhkan puluhan korban tewas dan luka, Sabtu.

Pejabat setempat, Abdul Latief Shaleh al-Lamdi mengatakan sebanyak sembilan jenazah dari satu keluarga, beberapa di antaranya anak kecil dan perempuan, telah dievakuasi, namun masih ada puluhan korban lain yang masih terperangkap di bawah reruntuhan enam rumah yang hancur terkena serangan udara Saudi. Al-Lamdi meminta bantuan untuk menyelamatkan para korban luka. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL