Washington,LiputanIslam.com-Donald Trump mengumumkan pemberlakuan kondisi darurat nasional di AS. Langkah ini diambil menyusul serangan militer Turki ke utara Suriah.

Dalam surat yang ditujukan kepada Kongres AS, Trump menulis:”Saya menyatakan kondisi darurat nasional akibat serangan Turki ke Suriah. Tindakan ini diambil karena operasi militer Turki di Suriah melemahkan misi kita dalam membasmi teroris ISIS di Suriah dan Irak. Selain membahayakan nyawa warga sipil, serangan ini juga mengancam stabilitas di Timur Tengah. Oleh karena itu, saya berkeyakinan bahwa serangan ini merupakan ancaman tidak biasa untuk keamanan nasional AS.”

“Untuk menghadapi ancaman ini, saya menginstruksikan pemblokiran semua aset perorangan, lembaga, dan sekutu serangan militer ini di tanah AS,”imbuh Trump.

Terkait detail sanksi-sanksi baru atas Turki, Steve Mnuchin (menteri keuangan AS) menyatakan, Washington akan mencantumkan kementerian pertahanan, energi, dan kementerian dalam negeri Turki dalam daftar sanksi.

“Meski demikian, jika Turki mengambil langkah-langkah yang diperlukan, kami siap mencabut sanksi-sanksi ini,”tandas Mnuchin. (af/yjc)

Baca Juga:

Kongres AS Sepakat Batalkan Keputusan Trump Soal Suriah

Kesepakatan Damaskus-Kurdi, Erdogan Tak Lagi Bisa Berdalih Perangi Terorisme

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*