Washington,LiputanIslam.com-Media-media Rezim Zionis mengabarkan, UEA kembali mengutarakan hasratnya untuk membeli jet F-35 dari AS. Namun, Washington disebut tak akan mengabulkannya. Alasannya, AS ingin menjaga keunggulan Israel di Timteng.

Dilansir oleh kantor berita Maan Palestina, kanal 2 Israel mewartakan bahwa Pentagon tak akan mengizinkan UEA membeli jet tempur tipe ini.

Di lain pihak, kanal 13 Israel melaporkan, UEA sejak enam tahun terakhir menyatakan keinginan untuk memiliki F-35. Namun hingga kini upaya Abu Dhabi tak kunjung membuahkan hasil. Padahal tak ada masalah finansial untuk mewujudkan transaksi ini.

Baca: Prancis Tetapkan Abu Dhabi Sebagai Markas Besar Koalisi Maritim Eropa

AS mengaku, pihaknya harus berkomitmen kepada aturan QME untuk menjaga keunggulan Israel dalam perimbangan kekuatan di Timteng.

Aturan ini juga mengharuskan Gedung Putih untuk melapor kepada Kongres soal kekuatan negara-negara Timteng dan cara menjaga Israel tetap unggul.

Mengingat status UEA sebagai sekutu penting AS dan tuan rumah untuk angkatan udara AS di Abu Dhabi, juga karena UEA, bersama Saudi, adalah pembeli utama sistem pertahanan buatan AS, aturan QME hanyalah dalih Washington untuk tidak menjual F-35 kepada UEA. (af/alalam)

 

 

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*