Sumber: Pars today

Paris,LiputanIslam.com—Pemerintah Prancis telah menunjuk Ibu Kota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) sebagai markas besar koalisi angkatan laut pimpinan Eropa di Teluk Persia.

“Pagi ini, kami meresmikan pos komando akan berada di wilayah UEA,” ucap Menhan Prancis, Florence Parly, kepada para wartawan di pangkalan angkatan laut Prancis di Abu Dhabi, pada Minggu (24/11).

Menurut Florence, misi koalisi pimpinan Eropa akan dimulai tahun depan dan diharapkan bisa melibatkan 10 negara Eropa dan non-Eropa.

Peresmian pangkalan baru ini nantinya akan melibatkan puluhan pejabat yang mewakili negara-negara terkait.

Prancis adalah negara utama yang mendukung misi koalisi angkatan laut Eropa untuk keamanan Teluk Persia dan Selat Hormuz, jalur utama perdagangan minyak dunia.

“Kami berharap, langkah ini bisa memberikan kontribusi terciptanya keamanan usai terjadi sejumlah insiden di jalur itu,” jelasnya.

Koalisi pimpinan Eropa kabarnya tidak memiliki hubungan dengan koalisi pimpinan Amerika di kawasan.

Baca: Iran Nyatakan Tiga Negara Arab Teluk Sambut Baik “Prakarsa Perdamaian Hormuz”

Dua koalisi angkatan laut ini terbentuk usai terjadinya serangan misterius yang menargetkan sejumlah tanker minyak awal tahun ini. Amerika dan Saudi segera menyalahkan Iran atas insiden tersebut, tanpa adanya bukti-bukti yang cukup.

Tuduhan ini telah dibantah oleh pemerintah Iran dan menyebut insiden itu hanyalah narasi untuk menyudutkan Iran dipanggung internasional. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*