serangan udara saudi ke yamanJakarta, LiputanIslam.com — Invansi militer yang dilakukan oleh Arab Saudi dan sekutunya telah menewaska ribuan rakyat Yaman, namun anehnya, sekelompok orang yang mengaku sebagai ‘ulama Indonesia’ justru menyatakan dukungan terhadap serangan ini.

Bertempat di kediaman Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Mustafa Ibrahim Al-Mubarok yang berada di Menteng, Jakarta Pusat, ‘ulama Indonesia’ mengungkapkan dukungannya.

Salah satu perwakilan dari ‘ulama Indonesia’, Maman Abdurrahman yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Islam (Persis) mengaku sangat khawatir terhadap keamanan dan ketertiban di Yaman.

“Maka sudah selayaknya, negara tetangga dalam hal ini Arab Saudi untuk melindungi Yaman,” kata Maman, seperti dilansir Vivanews, 11 April 2015.

Lebih lanjut, ia mengatakan, namun tetap hal utama adalah perdamaian. Namun, jika kata islah tak menemui hasil maka tindakan dapat dilakukan. Ironisnya, serangan ke Yaman ini tak hanya merenggut nyawa tak berdosa tapi juga merusak ekonomi dan keamanan.

Hal senada diungkapkan Imam Besar Masjid Istiqlal, Ali Mustofa Ya’qub. Ia mengatakan bahwa umat Muslim di Indonesia mendukung terhadap apa yang dilakukan kerajaan Arab Saudi. Bahkan ia mengklaim Al-quran juga membenarkan atas tindakan yang telah dilakukan Arab Saudi.

“Yang mengatakan, jika ada kelompok yang memberontak terhadap pihak lain, maka damaikanlah, tapi kemudian jika tidak mau berdamai, maka kemudian perangilah kelompok yang tidak mau berdamai,” kata Ali Mustofa.

Kemudian Ali mengatakan, di dalam hadits telah tersirat jika ada umat di agamamu yang menzalimi dan dizalimi, maka kewajiban untuk menolong yang dizalimi. “Ini adalah bagian dari menolong dari yang dizalimi.”

Lalu, dari Majelis Ulama Indonesia, Cholil Ridwan mengatakan bahwasanya ini terkait juga dengan ideologi. Menurut dia, ideologi Muslim di Indonesia sama dengan Yaman dan Arab Saudi.

“Arab Saudi juga merupakan kampung kita yang kedua, maka kita harus mendukung Arab Saudi,” kata Cholil.

Kontradiksi dengan dukungannya terhadap penyerangan, ‘ulama’ ini juga mengaku menyayangkan dengan timbulnya korban jiwa dari rakyat sipil yang tak berdosa. Para ‘ulama’ ini mewakili umat Muslim di Indonesia juga mengucapkan bela sungkawa akibat korban yang ditimbulkan. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL