sunda-kalapaJakarta, LiputanIslam.com– Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, hari ini dipadati ratusan atau bahkan ribuan umat muslim yang mengikuti shalat subuh berjamaah nasional pada 12 Desember 2016 atau dikenal dengan aksi “1212”.

Berdasarkan pantauan di lapangan, jemaah di Masjid Sunda Kelapa banyak yang tidak mendapat tempat di dalam masjid, sehingga harus menunaikan ibadah di pekarangan masjid. Terdapat 10 shaf atau barisan jamaah di pekarangan masjid yang dibangun pada dekade 1960-an itu.

Salah satu jamaah, Salahudin Adi Pratama, mengatakan dia mengikuti aksi 1212 karena ingin mendengar khutbah dari shalat subuh berjamaah nasional yang digagas Gerakan Nasional Pembela Fatwa-Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) itu.

“Saya pada aksi sebelumnya di 4 November 2016 dan 2 Desember 2016 selalu ikut. Hari ini saya ingin ikut lagi karena ingin membela Al-Quran,” kata Salahudin yang berdomisili di Salemba, Jakarta Pusat.

Masjid Sunda Kelapa merupakan salah satu masjid dari 100 lebih masjid di seluruh Indonesia yang mengikuti shalat berjamaah nasional pada 12 Desember 2016 ini.

Aksi 1212 dipusatkan di Mesjid Pusat Dakwah Islam (Pusdai), Bandung.
Pasangan calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno juga ikut dalam aksi ini.  Selain memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad, menurut Anies aksi salat berjamaah merupakan rangkaian perjuangan umat Islam.

“Hari ini umat Islam menuntut keadilan ditegakkan di negeri ini,” kata Anies  saat menyampaikan tausiahnya. Ia mengatakan keadilan yang dimaksud meliputi banyak aspek seperti ekonomi politik dan juga penegakkan hukum.

Sandiaga Uno menyoroti keadilan dari aspek ekonomi. Ia mengatakan ketimpangan ekonomi di Jakarta semakin terlihat nyata. “Giat ekonomi hanya dirasakan segelintir orang,” kata dia.

Sandiaga berharap Aksi Salat Subuh Berjamaah bisa menggaungkan penegakkan keadilan. Umat sudah ada di titik puncak menuntut keadilan,” kata dia.

Selain pasangan calon tersebut, turun hadir mantan Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja. Adnan kini menjadi juru bicara pasangan tersebut. (ra/antara/tempo)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL