Sumber: nu.or.id

Jakarta, Liputanislam.com– Guru Besar Universitas Nanzan Jepang, Mikihiro Moriyama mengatakan bahwa banyak negara atau bangsa lain yang iri dengan bangsa Indonesia. Keberhasilan Indonesia menjunjung tinggi bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan sejak 90 tahun silam (1928) telah membuat banyak bangsa lain, seperti Afrika dan Jepang iri.

“Orang Afrika iri dengan kesuksesan Indonesia dalam bahasa,” ucapnya saat mengisi diskusi panel pada Kongres Bahasa Indonesia (KBI) XI di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, pada Selasa (30/10).

Menurutnya, bangsa Afrika iri dengan bangsa Indonesia karena mereka masih menggunakan bahasa kolonial, bahasa negara yang menjajahnya. Sedangkan Indonesia menggunakan bahasanya sendiri, yakni bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

Begitu juga dengan Jepang yang iri dengan kondisi multilingualism bangsa Indonesia, yakni kemampuan banyak bahasa, seperti bahasa daerah, bahasa Arab, Inggris, dan bahasa Indonesia. Sementara masyarakat Jepang hanya monolingual (kemampuan hanya satu bahasa). Menurutnya, Indonesia adalah bangsa yang luar biasa. “Ini istimewa,” tegasnya.

Bahkan kebijakan bahasa oleh penjajah seperti Belanda dan Jepang, tidak berhasil di negeri ini. Oleh karena itu, Mikihiro berharap Indonesia dapat merawat keragaman bahasanya yang sangat istimewa ini. (ar/NU Online).

 

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*