dok.kemendikbud

dok.kemendikbud

Jakarta, LiputanIslam.com – Siswa-siswi asal Indonesia memang multitalenta, selain berbakat dalam bidang akademik juga berprestasi dalam bidang seni dan budaya. Salah satunya dibuktikan dengan prestasi yang membanggakan datang dari negeri Jiran Malaysia. Siswa-siswi Sekolah Indonesia Kota Kinibalu atau disingkat dengan SIKK berhasil menjadi juara pertama pada ajang Sabah International Folklore Festival 2014 pada kategori tari beberapa bulan lalu.

Seperti di lansir oleh antaranews.com, Para siswa SIKK yang mewakili Indonesia membawakan lagu rakyat asal Papua berjudul Yamko Rambe Yamko. Mereka diantaranya adalah Muhammad Khairul Bin Haruna, Jaswan Bin Bahar, Agustinus, Fauzan Hafiz, dan Alfian Subano.

Mereka unjuk gigi dalam ajang International Cultural Carnival 2014 yang diselenggarakan oleh Sekolah Kebangsaan (SK) Sri Gaya Sekolah Berprestasi Tinggi pada 2-5 November 2014. Cultural Carnival 2014 sendiri merupakan ajang yang sepenuhnya di dukung oleh Kementerian Pendidikan Malaysia, Radio Televisi Malaysia dan Lembaga Kebudayaan Sabah. Kegiatan tersebut melibatkan tujuh sekolah dari berbagai sekolah di Malaysia.

Para siswa yang dinobatkan sebagai juara pertama mengaku senang karena bisa turut serta dalam ajang tersebut. Dan yang menarik adalah mereka tidak menyangka sebelumnya akan dinobatkan sebagai juara pertama.

Performa mereka mendapatkan sambutan yang meriah dari hadirin undangan yang memenuhi ruangan Auditorium Sabah Trade Center, lokasi penyelenggaraan lomba prestisius tersebut.

Kontingan Indonesia dikomandoi oleh Rahmadi Diliawan dan Shelya Regina, para siswa SIKK mampu menunjukkan penampilan yang menarik dengan memadukan alat musik tradisional seperti angklung, ukulele keroncong, pianika dan jimbe. Bukan tanpa alasan Rahmadi memilih dua alat tradisional tersebut karena merupakan khas musik rakyat yang sudah dikenal luas.

Dengan memadukan dua alat musik tradisional dan dua alat musik modern menjadikan peluru utama kontingan Indonesia dalam kompetisi tersebut. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL