Sumber: nu.or.id

Jakarta, Liputanislam.com– Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jakarta Barat, H Tatang Rahmat Firdaus Anggadinata mengingatkan semua lapisan masyarakat agar tetap menjaga persatuan dan persaudaraan menjelang pemilihan umum (Pemilu) 2019 mendatang. Menurutnya, jangan sampai kita terpecah dan bermusuhan, apalagi terputus tali silaturahim. Sebab, beda pilihan politik  itu adalah hal yang wajar.

Demikian disampaikan Tatang usai acara istighotsah kubra yang diadakan LTM DKI Jakarta di Masjid Raya Hasyim Asy’ari Jakarta Barat, seperti dilansir NU Online, pada Senin (3/12).

“Umat Islam itu hanya diperkenankan tiga hari maksimal tidak menegur sesama Muslim. Faktanya gara-gara beda politk saja satu periode, lima tahun, nggak menegur. Jadi antara konsep dengan praktik jauh,” ucapnya.

Oleh karena itu, Tatang mengajak masyarakat agar tetap rukun dan menjaga silaturahim. “Saya mengajak FKUB Jakarta Barat, sebelum mengajak ke luar agar rukun, kita rukun dulu. Jadi (bilang rukun) ke luar enak. Yang sering terjadi di mimbar teriak rukun, di dalam tidak rukun,” ujarnya.

Menurutnya, peran forum kerukunan antarumat beragama sangatlah penting. Sebab, bangsa Indonesia terdiri dari beragam agama, suku, bahasa dan adat istiadat. “Jakarta Barat sendiri wilayahnya beragam, alhamdulillah kondusif. Adanya romantika dan dinamika itu sebagai hal yang wajar,” katanya.

“Sekali saudara tetap saudara, sekali teman tetap teman, dan sekali sahabat tetap sahabat,” tambahnya. (ar/NU Online).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*