ppi yaman2Tarim, LiputanIslam.com–– Membangun Indonesia dan melindunginya, berarti membangun dan melindungi seluruh umat Muslim. Karena, Indonesia merupakan negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. Demikian antara lain diungkapkan ulama dari Yaman, dalam acara seminar yang digelar mahasiswa Indonesia di Hadhramaut.

Departemen Pendidikan dan Dakwah PPI Hadhramaut berkerjasama dengan Asosiasi Mahasiswa Indonesia (AMI Al-Ahgaff) pada Kamis (25/12) lalu mengadakan seminar bertajuk “Pergerakan dan Tantangan Islam Nusantara”. Seminar yang berlangsung di auditorium Universitas Al-Ahgaff ini dihadiri oleh DR. Muhammad Abdul Qadir Al-Aydrus Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, dan Al-Habib Zaid bin Yahya Direktur An-Nur For Studies and Reseach Tarim.

Kedua ulama Yaman tersebut beberapa waktu lalu pernah datang ke Indonesia untuk mengisi seminar. Mereka memaparkan bahwa Indonesia adalag negara majemuk dengan problem yang sangat kompleks. Karena itulah, Habib Zaid dalam awal seminar mengungkapkan, “Membangun Indonesia dan melindunginya berarti membangun dan melindungi seluruh umat muslim karena Indonesia termasuk bagian terbesar dari umat muslim.”

Sementara itu, Dr. Muhammad menilai kemajemukan Indonesia adalah tantangan. Namun, besarnya jumlah penduduk muslim juga menjadi sumber kekuatan yang tidak ada bandingannya.

“Indonesia mempunyai simpati keagamaan yang tinggi, masyarakat yang lemah lembut yang belum saya temukan ditempat lain,” kata Dr. Muhammad.

ppi yamanSelain itu, Dr. Muhammad menambahkan bahwa memaksakan Indonesia untuk berada dalam satu payung madzhab atau kelompok tertentu adalah hal yang tidak mungkin. Karena itu, para ulama dan pemikir di Indonesia perlu mengembangkan sikap moderat dan toleran dalam berdakwah.

Seminar ke-Indonesia-an ini digelar oleh pelajar Indonesia di Hadhramaut, Yaman Selatan, untuk membuktikan besarnya kepedulian mereka terhadap problem Nusantara. Hasil pemikiran dalam seminar ini diharapkan memberikan kontribusi bagi bangsa.(M. Abdul Muhith/PPI Yaman)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL