Sumber: nu.or.id

Jakarta, LiputanIslam.com– Duta Besar (Dubes) Pakistan untuk Indonesia, Abdul Khalik Salik Khan mengakui peran Nahdlatul Ulama (NU) dalam mewujudkan perdamaian. Ia sangat terkesan dengan upaya NU dalam membangun perdamaian di dunia melalui sikap yang moderat dan toleran. Hal itu disampaikan Abdul saat berkunjung ke Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Jakarta Pusat, pada Rabu (6/2).

“Kami sangat terkesan dengan semua hal yang telah dilakukan Nahdlatul Ulama. Peran utama ulama (memang) adalah penjembatanan Islam moderat yang selama ini ditekankan oleh NU,” katanya.

Menurutnya, perdamaian yang telah dilakukan NU bukan hanya untuk internal umat Islam, melainkan juga untuk dunia internasional. “Kami setuju dengan pendekatan yang dilakukan NU, maka pesan damai ini lah yang juga kami tekankan,” ucapnya.

Umat Islam, lanjut dia, sudah seharusnya menunjukkan kepada dunia tentang moderatisme dan toleransi, serta bagaimana menjaga hubungan baik dengan penganut agama lain. NU sendiri, menurutnya, bukan hanya berbicara, tapi telah melakukannya. “Inilah yang sebenarnya telah di lakukan (NU), dan kami sangat menghargai apa yang telah dilakukan NU. NU sudah melakukan hal itu saya sangat setuju,” ungkapnya.

Abdul menegaskan bahwa radikalisme dan terorisme merupakan hal berbahaya dan bukan ajaran Islam. Sebab,  Islam sendiri adalah agama yang toleran sebagaimana yang diajarkan sendiri oleh Nabi Muhammad SAW. “Inilah pesan toleransi yang harus kita tekankan di dunia Islam maupun secara luas,” tambahnya. (aw/NU Online).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*