bus perempuanJakarta, LiputanIslam.com — Bertepatan dengan perayaan Hari Kartini, yang jatuh pada Kamis, 21 April 2016, PT Transjakarta meluncurkan dua unit bus gandeng warna pink khusus untuk perempuan.

“Hari ini yang siap beroperasi ada dua bus karena waktu pengerjaan terbatas. Sebagai awal ada 10 bus (yang beroperasi),” kata Budi Kaliwono, Direktur Utama PT Transjakarta di Balai Kota, Kamis.

Rencananya seluruh bus itu akan dioperasikan di jalur busway koridor I (Blok M-Kota). Alasan pemilihan koridor I karena seluruh koridor transjakarta mengarah ke koridor I sebagai koridor utama.

“Tujuannya memberi penumpang keamanan dan kesopanan, serta mengantisipasi segala hal yang mengarah ke sana (kriminalitas dan pelecehan seksual),” kata Budi.

Para pengemudi bus-bus khusus itu juga akan dipilih yang perempuan. PT Transjakarta memiliki 37 pengemudi perempuan dan ratusan petugas on board perempuan.

“Setelah diresmikan, dua bus ini langsung beroperasi. (Sebanyak) 40 persen penumpang adalah perempuan, tapi saya belum hitung akurat,” kata Budi.

Bus gandeng yang diluncurkan itu didominasi warna pink dan putih. Pada sisi jendela salah satu bus itu tertera tulisan “Habis Gelap, Terbitlah Terang”. Sementara pada bus yang lain tertera tulisan “These Girls Are Smart”.

Spesifikasi kedua bus merek Scani itu sama dengan bus gandeng transjakarta lainnya, yaitu memiliki 38 tempat duduk dan mampu mengakut 80 penumpang berdiri. (ba/Kompas.com)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL