Sumber: Presstv

Doha,LiputanIslam.com—Menlu Iran, M. Javad Zarif, mengecam Amerika karena membuat kebijakan yang bertujuan untuk mengasingkan Republik Islam di kawasan. Ia menyebut upaya seperti itu sia-sia.

Saat menghadiri Konferensi Keamanan Munich (MSC) pada Selasa (29/10) kemarin, ia mengatakan, “Kebijakan Washington untuk mengasingkan Iran dari negara-negara kawasan seperti Suriah, Afghanistan, atau Yaman, tidak akan berhasil.” Ia menegaskan sekali lagi bahwa sanksi AS terhadap Iran akan menuai kegagalan.

Selain itu, diplomat senior Iran itu menyeru Turki dan Qatar yang juga merasakan nasib seperti Iran untuk bekerjasama menghadapi kebijakan seperti ini.

Zarif mengingatkan pentingnya Koalisi Perdamaian Selat Hormuz (HOPE) sebagai solusi atas krisis yang kini melanda kawasan.

Baca: Iran-Qatar Perkuat Hubungan Bilateral Antar Kedua Negara

Gagasan ini pernah disampaikan oleh Presiden Iran, Hassan Rouhani, saat menghadiri Sidang Umum PBB ke-74 pada 25 September lalu. Dihadapan para peserta sidang, ia mengundang semua negara untuk terlibat dalam rencana ini untuk menjamin keamanan di Selat Hormuz.

Rouhani mengatakan koalisi ini dibentuk untuk menciptakan perdamaian, stabilitas, dan kesejahteraan di kawasan. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*