Sumber: nu.or.id

Bogor, LiputanIslam.com– Direktur Wahid Foundation, Zannuba Arifah Chafsoh Rahman Wahid (Yenny Wahid) mendorong para santri agar lebih berperan aktif di berbagai persoalan masyarakat dan bangsa. Menurutnya, kini saatnya para santri dan lulusan pesantren menunjukkan jati dirinya sebagai memberi arah perubahan kepada dunia atas pemahaman Islam moderat.

“Saya ingin menitipkan pesan penting buat adik sekalian. Saya melihat bahwa para santri yang hadir di sini merepresentasikan masa depan. Di tangan kalian, dunia akan nyaman ditinggali atau justru menjadi tempat konflik yang makin mengerikan. Jadi, peran adik-adikku ini sangat luar biasa,” ucapnya di Bogor, Jawa Barat, pada Rabu (17/7).

Yenny menilai pentingnya peran santri terutama melihat antusiasme masyarakat dunia terhadap pesantren. Sudah sewajarnya juga jika para santri Indonesia menjadi penerang bagi dunia.

“Perhatian mereka sekarang ini tidak main-main. Orang-orang luar negeri yang belajar ke sini banyak sekali,” ujarnya.

Baca: Fokus Pada Kemanusiaan, Yenny Wahid Terima Anugerah Tokoh Perubahan

Perubahan juga, lanjut dia, merupakan sebuah hal yang menjadi ciri kehidupan kita sekarang dan ke depan. Perubahan itu konstan terjadi. Hanya orang-orang yang mampu menyesuaikan diri dengan perubahan itulah yang akan survive (bertahan hidup). Termasuk bagaimana mengatasi kebisingan dan kebingungan yang ditimbulkan oleh medsos. (aw/NU/detik).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*