Bambang Widjajanto

Bambang Widjajanto

Jakarta, LiputanIslam.com – Bambang Widjajanto, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan pemberian keterangan palsu saat sidang di Mahkamah Konstitusi. Saat itu Bambang menjadi kuasa hukum dari salah satu calon kepala daerah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, pada 2010.

Dari informasi yang dihimpun berbagai sumber, tadi pagi saat Bambang mengantar anaknya ke sekolah, ia ditangkap oleh orang yang mengaku dari Bareskrim. Johan Budi, Deputi Pencegahan KPK menyatakan bahwa ia menerima informasi tersebut disampaikan oleh ajudan Bambang. Johan lantas menghubungi Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Badrodin Haiti, untuk mengkonfirmasi penangkapan tersebut.

“Bapak Badrodin menyatakan bahwa penangkapan itu tidak benar. Dan saya positive thinking bahwa pernyataannya benar, apalagi beliau adalah orang tertinggi di Polri,” terang Johan, saat diwawancarai oleh Kompas TV.

Setelah beberapa saat keberadaan Bambang masih misterius, akhirnya pihak Mabes Polri memberikan keterangan melalui Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Inspektur Jenderal Ronny F Sompie. (Baca: Tetapkan Komjen Budi Sebagai Tersangka, KPK Diserang Bertubi-tubi )

“Tersangka (Bambang) menyuruh saksi memberikan keterangan palsu di pengadilan,” kata Ronny di Mabes Polri, Jumat 23 Januari 2015.

“Penangkapan itu sangat manusiawi. Dijelaskan surat-suratnya, dan beliau (Bambang) juga welcome, dia didatangi penyidik dan dibawa ke Mabes Polri,” jelas Ronny.

“Dasar pemeriksaaan terhadap tersangka memenuhi 3 alat bukti yang sah. Keterangan saksi, saksi ahli, bukti surat (dokumen), sehingga pemeriksaan bisa dilakukan dengan penangkapan, tanpa harus melakukan pemanggilan. Langkah ini sesuai dengan hukum acara perdana, dan sangat proporsional,” tambahnya, siang ini saat ditanya wartawan.

Ronny menambahkan bahwa Bambang ditangkap tadi pagi jam 7.30, dan sekarang dalam proses pemeriksaan. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL