Sumber: Sputnik

Washington,LiputanIslam.com—Sekretaris Pertahanan As, mark Esper, mengatakan bahwa Amerika Serikat akan segera mengambil tindakan yang tepat terkait tertembaknya pesawat nirawak AS di wilayah udara Yaman usai penyelidikan selesai dilakukan.

Kabar perihal tertembaknya pesawat nirawak AS datang dari kelompok pergerakan di Yaman, Houthi, yang menyebut mereka telah berhasil menumbangkan sebuah pesawat nirawak AS ‘MQ-9’ di atas wilayah udara Provinsi Dhamar, Yaman. Melalui pengumuman itu, Houthi memperingatkan agresor Arab Saudi agar berpikir ribuan kali sebelum menodai wilayah udara Yaman. Sebab, kelompok Houthi memiliki kemampuan untuk mencegar pesawat muncul di atas langit Yaman.

“Kami telah kehilangan sebuah MQ-9 di atas Yaman dan setelah kami menelaah berbagai fakta kejadian, barulah kami akan menentukan langkah tepat yang harus dilakukan,” ucap Esper dalam sebuah wawancara yang dirilis pada Rabu (21/8) malam kemarin.

Baca: Drone MQ-9 AS Tertembak Jatuh di Yaman, Pentagon Salahkan Iran

Pada Rabu pagi, jubir Departemen Pertahanan AS mengonfirmasi bahwa kelompok pergerakan Houthi Yaman telah menumbangkan pesawat nirawak AS di wilayah udara Yaman. Komando Pusat AS (CENTCOM) menyebut pihaknya tengah melakukan investigasi laporan-laporan yang terkait serangan tersebut. (fd/Sputnik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*