Sumber: suaraislam.co

Jakarta, LiputanIslam.com– Ulama Tafsir Indonesia sekaligus Pendiri Pusat Studi Al-Qur’an (PSQ), Prof M. Quraish Shihab mengatakan bahwa Islam adalah agama cinta. Banyak hal yang membuat Islam itu agama cinta, diantaranya adalah Islam menuntut umatnya untuk beriman dan berislam. Islam agama yang mengajarkan cinta.

Demikian hal itu disampaikan Quraish Shihab dalam acara yang bertajuk Mutiara Hati di salah satu stasuin televisi, seperti dilansir NU Online Jakarta, pada Senin (27/5).

Menurutnya, Allah menciptakan manusia tidak hanya dilihat dari konteks keimanannya, tapi Dia juga menciptakan alam dan segala isinya untuk manusia. “Semua yang ada di langit dan bumi ditundukkan oleh Allah karena cintanya kepada manusia. Karena itu cintailah Allah, karena Dia mencintai hambanya,” katanya.

Quraish Shihab menjelaskan, Islam menjadi agama cinta karena memang ditujukkan untuk manusia. Dan manusia, diciptakan Allah dengan meniupkan benih-benih-benih cinta sebelum menjadi wujud utuhnya.

Baca: Quraish Shihab: Jangan Enggan Baca Al-Qur’an Walau Terbata-bata

“Mengapa agama ini tidak menjadi agama cinta padahal dia ditujukkan oleh manusia, sedang manusia tercipta dari tanah. Dan tanah itu sebelum menjadi bahan kejadian manusia, Allah menghembuskan ke tanah itu benih-benih cinta,” ungkapnya.

“Islam agama cinta. Betapa tidak demikian. Islam menuntut dari umat-Nya untuk beriman dan berislam, lalu Allah SWT menciptakan rasa cinta dalam jiwa manusia bukan saja dalam konteks keimanannya sebagaimana Firman-Nya: Tetapi menciptakan rasa cinta itu agar cintanya diarahkan ke seluruh wujud ini,” tutupnya. (aw/NU).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*