Sumber: jogja.antaranews.com

Yogyakarta, LiputanIslam.com– Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta kembali mengukuhkan guru besar bidang ilmu kalam atas nama Sangkot Sirait. Seperti dilansir republika.co.id pada Senin (30/9), Sangkot Sirait menyampaikan pidato atau orasi ilmiahnya berjudul “Ilmu Kalam dan Keberagaman Fungsional.

Menurutnya, perkembangan akademik ilmu kalam tidak sepopuler disiplin keilmuan Islam yang lain, seperti, ilmu hadis, fikih, akhlak, dan sejarah kebudayaan Islam. Namun begitu, ia menegaskan bahwa ilmu kalam sebagai ilmu  tentang eksistensi ketuhanan tetap relevan dengan perkembangan zaman. Tentu dengan pendekatan interdisiplin keilmuan.

“Seperti (adanya pendekatan dengan keilmuan) sosiologi, antropologi, etika, ilmu humanities,” ucapnya.

Sementara Rektor UIN Sunan Kalijaga (Suka), Yudian Wahyudi mengatakan bahwa UIN Suka terus mencetak guru besar yang berkompeten di bidangnya. Menurutnya, nanti UIN Suka setidak akan memiliki lima guru besar di bidang ilmu kalam.

Baca: Jalan-Jalan ke Malioboro, Ikon Wisata di Yogyakarta

“Dua baru saja dikukuhkan yakni: Prof Al-Makin, dan Prof Euis Nurlaelawati. Ada tiga lagi yang akan segera dikukuhkan yakni  Prof Marhumah, Prof Sangkot Sirait,  dan Prof Maizer Said Nahdi,” tambahnya. (aw/tribun/republika).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*