Delhi, LiputanIslam. Com—Media India melaporkan,  Shah Faesal, mantan birokrat yang membidani lahirnya partai politik di Kashmir yang dikelola India awal tahun ini, telah ditangkap di bandara New Delhi dan dikirim kembali ke Srinagar.

Pada hari Selasa(13/8), Faesal sempat men-tweet bahwa Kashmir “akan membutuhkan gerakan panjang, berkelanjutan, tanpa kekerasan” untuk memulihkan status khusus wilayah mayoritas Muslim di bawah konstitusi India.

Ratusan politisi dan aktivis, termasuk dua mantan kepala menteri wilayah negara bagian Jammu dan Kashmir, telah ditahan sejak 4 Agustus lalu,  ketika blokade atas Kashmir dilakukan.

Pemerintah India telah mencabut status khusus wilayah Kashmir dan mulai melakukan blokade serta penangkapan terhadap para tokoh politik.

Baca:Begini Laporan Para Aktivis India Tentang Kashmir

Menurut laporan al-Jazeera,  rakyat Kashmir masih dikawal ketat oleh militer India dan tidak diperbolehkan keluar rumah.

Tak hanya itu,  bahkan beberapa orang aktivis sayap kiri India yang telah datang ke Kashmir menyebut situasi di wilayah masih tidak normal.  Orang-orang tampak begitu marah sekaligus tak berdaya.  (Fd/Al-Jazeera)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*