Sumber: okezone.com

Jakarta, LiputanIslam.com– Universitas Indonesia (UI) meraih peringkat ke-59 sebagai universitas terbaik di Asia berdasarkan pemeringkatan lembaga bergengsi di dunia Quacquarelli Symonds (QS). Pemeringkatan itu bertajuk QS Asian University Ranking 2020 dilakukan terhadap 550 perguruan tinggi Se-Asia.

Seperti dilansir okezone.com pada Jumat (29/11), UI unggul pada indikator “International Faculty” yang menandakan bahwa para akademisi maupun peneliti dari luar negeri tertarik untuk berbagi ilmu dan melakukan penelitian di UI. Dalam lima tahun terakhir, UI memiliki 3.784 dosen asing yang datang ke UI untuk berbagai program akademik, seperti visiting scholars, guest scholars dan guest lecture.

Demikian pula, sejak tahun 2015, sebanyak 6.888 mahasiswa UI (atau sebanyak 1.678 mahasiswa UI pada tahun 2019) berangkat ke luar negeri untuk mengikuti berbagai program akademik dan kompetisi di tingkat Internasional. UI juga telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 500 mitra dalam negeri dan lebih dari 200 mitra luar negeri.

Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis mengaku bahwa untuk bisa meraih pemeringkat tersebut, sejumlah upaya dilakukan UI, antara lain peningkatan kualitas dan kuantitas riset terutama di jurnal ilmiah bereputasi tinggi, peningkatan kapabilitas organisasi dan SDM di dalam UI. Juga peningkatan jumlah inovasi dan keterterapannya guna mendukung pembangunan berkelanjutan, pengembangan inovasi untuk efektivitas pembelajaran dan pengajaran serta lifelong learning, dan penguatan jejaring di kancah internasional serta peningkatan pendapatan.

Baca: Amin: Moderasi Beragama Pesantren Pondasi Tegaknya NKRI

“UI terus berlari membawa bendera pendidikan nasional guna menghasilkan SDM yang mandiri dan unggul,” ujarnya. (aw/okezone/medcom).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*