Chad,LiputanIslam.com—Teroris Boko Haram telah menewaskan sedikitnya 11 tentara Republik Chad di wilayah Danau Chad yang berbatasan dengan Nigeria, Niger, Chad dan Kamerun.

“Tentara Chad kehilangan 11 orang termasuk tiga perwira … dan enam tentara terluka,” otoritas daerah mengatakan kepada media pada Minggu (23/6), menambahkan bahwa tentara Chad membunuh “26 anggota Boko Haram” yang telah menyita ternak di wilayah tersebut.

Sejak 2018, teroris Boko Haram yang berasal dari timur laut Nigeria telah melakukan setidaknya sembilan serangan di Chad.

Sumber-sumber keamanan sebelumnya mengatakan tujuh tentara Chad dan seorang penjaga tewas dalam serangan yang terjadi pada Jumat di Mbomouga di daerah Ngouboua, Chad.

Baca: Trump Akui Penasehatnya Suka Perang

Pada 2015, keempat negara tersebut membentuk satuan tugas bersama untuk memerangi gerilyawan Boko Haram.

Selain berhadapan dengan Boko Haram, Pasukan Tugas Gabungan Multinasional (MNJTF) juga dikabarkan telah menewaskan 42 teroris ISIS Takfiri di wilayah Danau Chad pada 21 Juni.

MNJTF mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ini adalah korban tewas terberat yang diderita oleh pemberontak dalam enam bulan terakhir.

Ia menambahkan bahwa salah satu tentaranya tewas dan 10 lainnya terluka dalam pertempuran.

Boko Haram memulai kampanye militansinya di Nigeria pada 2009 dengan tujuan menggulingkan pemerintah pusat.

Pada 2016, Boko Haram berjanji setia kepada ISIS untuk membentuk faksi baru di wilayah tersebut.

Sejak 2009, kampanye militansi Boko Haram di Nigeria telah menewaskan lebih dari 30.000 orang dan menelantarkan sekitar 2,5 juta orang.(fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*