LiputanIslam.com-Forum Advokat Muda Indonesia (FAMI) menyatakan tidak menutup kemungkinan juga melayangkan gugatan kepada Presiden RI buntut pemadaman listrik yang dilakukan oleh PLN beberapa hari lalu.

“Nanti digugatan bisa jadi menteri bahkan bisa jadi presiden turut tergugat makanya kita lagi menghimpun dan mengumpulkan siapa saja yang dijadikan sebagai tergugat,” kata Sekretaris Jenderal FAMI Saiful Anam, di Kantor Ombudsman RI, Jakarta, Selasa.

Apalagi ditambah pernyataan presiden pada 2015 lalu yang menjamin bahwa tidak akan ada pemadaman listrik di wilayah Jawa dan Bali. Oleh sebab itu, FAMI mendesak dan melihat sejauh mana tanggung jawab presiden dalam membenahi PLN.

FAMI beserta Ombudsman menilai PLN gagal dalam melakukan sistem manajemen yang meliputi mengelola, merencanakan dan mengawasi sehingga terjadi kerusakan transmisi yang tidak diketahui dan berakibat pemadaman listrik massal dan cukup lama. Hal ini menyebabkan kerugian besar di berbagai sektor.

Baca juga: Kunjungi Kantor Pusat PLN, Jokowi Minta Pemadaman Tidak Terulang Lagi

FAMI membawa berkas pengaduan, kronologis kejadian, bukti-bukti berkaitan pemadaman listrik hingga kerugian masyarakat ke Ombudsman. FAMI baru melaporkan pihak PLN sebagai tergugat sampai saat ini. (Ay/Antara)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*