Sumber: AFP

Tehran, LiputanIslam. Com—Di tengah meningkatnya ketegangan antara kedua negara (Arab Saudi-Iran), Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan Iran akan selalu siap untuk mengadakan pembicaraan langsung atau tak langsung dengan Arab Saudi.

“Kami selalu terbuka untuk membahas apa pun dengan Arab Saudi. Arab Saudi adalah tetangga kami … Kami tidak punya pilihan selain berbicara satu sama lain. Dan kami telah terbuka untuk berbicara dengan Arab Saudi baik secara langsung maupun melalui perantara. Kami tidak pernah menolak perantara “, ucap Zarif kepada penyiar TRT World dalam sebuah wawancara yang dirilis pada Jumat malam.

Zarif juga menyebut rencana Presiden Iran Hassan Rouhani untuk membangun perdamaian di wilayah Teluk Persia melalui dialog, atau yang dikenal dengan Hormuz Peace Endeavour (HOPE).

Zarif mengatakan bahwa nantinya koalisi keamanan ini akan diisi oleh delapan negara-negara Teluk.

Baca: Redam Ketegangan Saudi-Iran, PM Pakistan Kunjungi Tehran

Rouhani menyampaikan gagasan ini pada sesi Majlis Umum PBB (UNGA) ke-74 pada September dan menyatakan kesiapan untuk bekerja sama dengan PBB di dalamnya.

Ketegangan antara Iran dan Arab Saudi serta di wilayah Teluk secara keseluruhan meningkat setelah beberapa serangan terhadap tanker minyak di sana.

Dalam insiden terbaru pada hari Jumat, sebuah kapal tanker milik Iran meledak di dekat pelabuhan Jeddah-Arab Saudi.

Pada pertengahan September, fasilitas minyak Saudi diserang oleh drone. Serangan itu mendorong Kerajaan untuk mengurangi tajam produksi minyaknya.

Serangan itu diklaim oleh gerakan pemberontak Houthi-Yaman , yang berperang melawan mantan Presiden Yaman, Abd Rabbuh Mansur Hadi. Pasukan koalisi Arab Saudi datang untuk mengembalikan kekuasaan Mansur Hadi.

Namun, Arab Saudi dan sekutunya, Amerika Serikat, mengklaim bahwa Houthi tidak memiliki kapasitas untuk melakukan serangan seperti itu dan mulai menyalahkan Iran.

Teheran dengan tegas membantah terlibat dalam insiden tersebut. (fd/ Sputnik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*