Sumber: pilaradiocirebon.com

Cirebon, LiputanIslam.com– Festival Budaya Sunyaragi (FBS) yang berlangsung sejak 26-30 Juni 2019 menghasilkan sejumlah rekomendasi untuk pemerintah pusat dan daerah. Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon, Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat mengatakan bahwa salah satu isi rekomendasi tersebut ialah meminta pemerintahan Jokowi memberikan perhatian lebih pada sektor kebudayaan.

“Sangat berharap sektor kebudayaan mendapat perhatian yang signifikan sehingga hal yang sangat mendesak untuk dilakukan yakni peningkatan anggaran kebudayaan,” ucapanya di Cirebon, Jawa Barat, seperti dilansir pikiran-rakyat.com, pada Senin (1/7).

Saat ini anggaran kebudayaan tidak dialokasikan secara khusus. “Sangat kecilnya anggaran kebudayaan itu melanggar visi dan misi pemerintah sendiri. Kami minta anggaran kebudayaan ditingkatkan. Tidak perlu terlalu tinggi, naik jadi satu persen saja, sudah lebih dari cukup,” katanya.

Baca: Islam di Cirebon Berjaya Pada Masa Sunan Gunung Jati

Sultan Arief menegaskan bahwa pentingnya sektor kebudayaan bukan hanya sekedar menjadi tiang penopang ketahanan sebuah bangsa, namun juga mampu menopang ekonomi bangsa. Berdasarkan data, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia karena ketertarikan akan budaya.

“Ternyata, 60 persen wisman datang ke Indonesia karena aspek budayanya. Makanya jangan alergi dengan wisata budaya, karena ternyata kunjungan wisatawan luar negeri ke Indonesia, mayoritas karena alasan budaya,” ungkapnya. (aw/pikiran-rakyat).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*