Jalalabad,LiputanIslam.com—PM Pakistan, Imran Khan, memperingatkan potensi konflik Timur Tengah pasca meningkatnya ketegangan antara Iran dan Amerika Serikat. Ia meminta semua pihak untuk memberikan tekanan maksimal untuk mencegah ekskalasi lebih lanjut.

Khan menyampaikan pada Jum’at malam (24/5), seperti dikutip Presstv, bahwa dirinya khawatir ketegangan di Teluk Persia semakin meningkat. Ia menekankan bahwa perang bukanlah solusi atas masalah apapun.

“Semua pihak perlu memberikan tekanan maksimal untuk situasi ini,” ucapnya.

Baca: Iran Akan Kalahkan Musuh dengan Persatuan dan Perlawanan

Ketegangan antara Tehran dan Washington tampak semakin tajam pasca AS memperketat sanksi minyaknya terhadap Iran. AS beripaya menurunkan penjualan minyak Iran hingga mencapai “nol”. Sanksi AS tersebut tak membuat Iran menyerah begitu saja. Iran mengancam akan menutup Selat Hormuz, selat penting yang selama ini menjadi lalu lintas tanker minyak dari wilayah Timur Tengah ke seluruh penjuru dunia.

Ketegangan semakin meningkat pasca AS mengirim kapal induk dan pesawat B-52 ke wilayah itu sebagai respon atas laporan intelijen AS yang menyarankan agar AS segera melakukan serangan. Sekitar 1.500 tentara AS rencananya akan diturunkan ke wilayah Timur Tengah. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*