Sumber: arah.com

Jakarta, LiputanIslam.com — Setelah sebelumnya bertemu Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ketua DPP Partai NasDem Irma Suryani mengatakan Ketua Umum NasDem Surya Paloh akan bertemu dengan Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan pada akhir bulan November 2019.

“Rencana sama PAN di akhir November, tapi itu dalam rangka silaturahim kebangsaan juga ya,” kata Irma di sela-sela Kongres Ke-8, Partai NasDem di Jakarta, Sabtu (9/11).

Selain itu, menurutnya partainya juga berencana melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), namun belum ditentukan waktunya.

Dia menilai yang dibutuhkan saat ini adalah soliditas untuk membangun Indonesia kedepan agar menjadi lebih baik karena program-program yang digagas Presiden Jokowi sangat komprehensif antara satu dengan yang lain.

Menurut dia kalau program-program tersebut tidak didukung menteri-menteri yang konsolidatif dan koordinatif, maka tidak mungkin target-target bisa dicapai.

Ia pun menilai komunikasi politik yang dilakukan partainya dengan partai oposisi, jangan dicurigai macam-macam.

Menurut dia NasDem harus membangun koalisi bukan hanya dengan partai di dalam namun di luar pemerintahan yang menjalankan mekanisme “check and balance”.

Baca juga: Pengamat: Tidak Puas Susunan Kabinet, Nasdem Berpeluang Oposisi

“NasDem mendukung Jokowi tidak berhenti sampai dengan pembagian kursi kabinet saja, namun jadi tanggung jawab kami itu sampai dengan 2024,” kata Irma di sela-sela acara Kongres kedua Partai NasDem di JI Expo, Jakarta, Sabtu.

Menurut dia, pertemuan Ketua Umum Partai NasDem dengan beberapa pimpinan parpol di luar pemerintahan seperti PKS, jangan di framing seolah-olah NasDem ingin membangun poros baru.

Dia mengatakan Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 baru selesai dan tidak mungkin NasDem yang mendukung Presiden Jokowi dan tanpa mahar, lalu meninggalkan koalisi begitu saja. (Ay/Antara)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*