Sekjen KPA, Iwan Nurdin

Sekjen KPA, Iwan Nurdin

Jakarta, LiputanIslam.com–Salah satu kementerian baru dalam Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional. Kementerian ini dijabat oleh Ferry Mursyidan Baldan, mantan politisi Golkar yang kini berstatus sebagai politisi Partai Nasdem. Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA), Iwan Nurdin, mengharapkan agar Ferry melaksanakan janji-janji Jokowi di bidang reforma agraria.

“Harapan kita, Menteri Agraria menerjemahkan visi-misi presiden, sebab tidak ada visi-misi menteri. Kita tahu, visi-misi presiden adalah reforma agraria, di antaranya penyelesaian konflik yang harus diterjemahkan dalam agenda kerja menteri agraria,” ujar Iwan Nurdin kepada Liputan Islam, Rabu (29/10).

Pada 22 September 2014 lalu, KPA dan sejumlah organisasi masyarakat sipil telah menyelenggarakan Konferensi Nasional Reforma Agraria (KNRA). Dalam konferensi itu disusun rekomendasi untuk pemerintah baru di bidang reforma agraria.

“Reforma agraria kan sudah ada di teks kampanye mereka (Jokowi). Nah sekarang kita harus memberikan penafsirannya. Yang berhak menafsirkannya adalah mereka yang sejak puluhan tahun bergelut, mengkaji, berjejaring dengan dengan jaringan reforma agraria, supaya tafsirannya tidak melenceng,” kata Iwan (22/9).

Salah satu tujuan reforma agraria adalah mengatasi konflik tanah yang selama ini sering merugikan petani dan mengalokasikan tanah untuk petani. (baca: Mengawal Janji Jokowi Agar Melaksanakan Reforma Agraria)

“Bila petani punya lahan luas, hasil produksinya tinggi, sehingga stok pangan kita cukup, tidak perlu impor lagi. Selain itu, ketika petani makmur, mereka akan menjadi pasar potensial bagi industri dalam negeri, dan industri dalam negeri akan maju. Mereka juga akan bisa menabung sehingga likuiditas bank-bank kita tinggi, dan negara tak perlu berhutang ke luar negeri. Negara-negara maju seperti Jepang dan Amerika Serikat sudah membuktikan bahwa melalui reforma agraria,  perekonomian mereka bisa maju,” jelas Iwan. (dw)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL