Sumber: youtube.com

Pangandaran, LiputanIslam.com– Dalam rangka menyambut perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-74, warga Langkaplancar Pangandaran Jawa Barat (Jabar) menggelar berbagai permainan tradisional. Permainan yang digelar diantaranya adalah berjalan di atas bambu dan menangkap ikan di sungai.

Panitia penyelenggara kegiatan, Aceng di Pangandaran pada Rabu (7/8) mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan yang selalu digelar dalam memeriyakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Ratusan warga, mulai dari orang tua hingga anak-anak dan wanita mengikuti kegiatan tersebut.

“Semua warga berbaur ikut serta untuk meramaikan acara tradisi tahunan ini. Bagi warga yang berhasil melintasi rintangan bambu dan menangkap ikan di sungai berhak mendapatkan hadiah yang sudah disiapkan pihak panitia,” ucapnya.

Seorang warga yang ikut berpartisipasi bernama Jenny mengaku bahwa permainan tradisional itu tidaklah mudah. Terlebih berjalan di atas bambu yang oleh panitia biasanya ditambahkan pelicin. Banyak warga yang jatuh ke air setiap mengikuti permainan itu.

“Sedangkan, kalau untuk menangkap ikan, warga harus menangkapnya dengan tangan kosong, tidak boleh menggunakan alat,” terangnya.

Baca: Ini Cara Ajarkan Anak tentang Makna Kemerdekaan Bangsa

Sementara di Palembang, ada juga tradisi unik dalam menyambut perayaan Kemerdekaan Indonesia, yakni mainan Telok Abang. Mainan tersebut terbuat dari gabus dan dilengkapi dengan telur ayam rebus yang berwarna merah. (aw/harapanrakyat/gatra).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*