Jakarta, LiputanIslam.com—Sebagai orangtua, penting bagi kita untuk mengarjarkan anak-anak kita tentang makna kemerdekaan bangsa.

Dengan mengetahui makna kemerdekaan yang sesungguhnya, anak kita akan belajar mencintai negara sendiri, memiliki rasa nasionalisme dan patriotisme, serta menghormati dan menghargai jasa para pahlawan yang gugur untuk memperjuangkan kemerdekaan RI. Sikap-sikap positif ini dapat membantu si kecil tumbuh menjadi pribadi yang baik.

Nah, bertepatan dengan hari kemerdekaan RI, Anda dapat mengajari si kecil untuk mengenal lebih dalam tentang arti kemerdekaan melalui kegiatan sederhana berikut ini.

  1. Menonton Upacara Kemerdekaan Di Televisi
    Menonton siaran langsung upacara kemerdekaan yang disiarkan di hampir seluruh stasiun TV nasional mungkin terasa membosankan bagi si kecil. Akan tetapi, Anda bisa menjelaskan makna di balik upacara tersebut. Upacara kemerdekaan dilaksanakan untuk merayakan kemerdekaan Indonesia yang kita rasakan saat ini sekaligus sebagai bentuk syukur atas jasa para pahlawan dan pejuang yang mempertaruhkan nyawa untuk meraih kemerdekaan. Anda bisa memberikan penjelasan kepada si kecil saat menonton prosesi upacara kemerdekaan tersebut. Dengan kegiatan ini, diharapkan si kecil dapat belajar mencintai dan menghargai perjuangan pahlawan dan pejuang nasional kita.
  2. Memasang Bendera Merah Putih di Tiang
    Libatkan si kecil pada saat Anda hendak memasang bendera merah putih di tiang. Sementara Anda menurunkan tiang, mintalah si kecil untuk mengikat tali bendera di lubang yang tersedia pada tiang. Selain mengajarkan si kecil tentang arti di balik warna bendera merah putih, kegiatan ini juga bisa melatih keterampilan motorik halus jari-jari tangan si kecil.
  3. Menyanyikan Lagu Kebangsaan
    Mungkin si kecil sudah hapal lagu-lagu kebangsaan karena ia rutin mengikuti upacara bendera di sekolahnya, tapi tak ada salahnya Anda mengajak si kecil untuk menyanyikan kembali atau mendengarkan lagu-lagu kebangsaan. Sambil menyanyi atau mendengar lagu kebangsaan, Anda dapat menjelaskan makna yang terkandung di balik setiap lagu tersebut.
  4. Menghapal Nama-Nama Pahlawan
    Menghapal nama-nama pahlawan sambil mengenali setiap wajahnya adalah cara lain untuk mengajarkan tentang makna kemerdekaan pada si kecil. Cara ini akan membantu si kecil mengenal para tokoh pahlawan yang pernah berjuang bagi kemerdekaan bangsa Indonesia.
  5. Dorong Si Kecil untuk Mengikuti Perlombaan
    ​Salah satu cara untuk merayakan kemerdekaan adalah dengan aktif mengikuti perlombaan di sekolah atau komplek tempat tinggal. Beri pengertian pada si kecil bahwa ini adalah salah satu cara untuk mensyukuri kemerdekaan yang ia rasakan saat ini.  (ra/tabloidnova)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*