Siaran Pers Kemenhub perihal pembekuan izin rute airasia

Siaran Pers Kemenhub perihal pembekuan izin rute airasia

Jakarta, LiputanIslam.com — Kementerian Perhubungan akhirnya membekukan untuk sementara izin rute penerbangan Surabaya-Singapura untuk maskapai AirAsia, efektif mulai 2 Januari 2015 hingga proses investigasi dan evaluasi selesai dilakukan.

“Pembekuan sementara ini tertuang dalam surat Direktur Jenderal Perhubungan Udara No. AU.008/1/1/DRJU-DAU-2015 tanggal 2 Januari,” kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan, JA Barata, Jumat, 2 Januari 2015. (Baca: Antara Sigapnya Basarnas dan Buruknya Sistem Penerbangan)

Dari laporan detik.com, Barata menjelaskan alasan pembekuan izin rute itu karena AirAsia dinilai melanggar persetujuan rute. Dalam surat Direktorat Jenderal Perhubungan Udara bahwa izin penerbangan yang diberikan kepada Indonesia AirAsia untuk rute Surabaya – Singapura adalah setiap Senin, Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Sedangkan peristiwa naas jatuhnya pesawat AirAsia QZ850, terjadi pada hari Minggu. Apalagi, terkait pelaksanaan penerbangan di luar ketentuan ini, pihak AirAsia tidak meminta izin perubahan kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

“Ini pelanggaran atas persetujuan rute yang telah diberikan,” tuturnya.

“Penumpang yang telah memegang tiket rute ini akan dialihkan ke penerbangan lain sesuai dengan ketentuan,” tambah Barata.

Hanya saja, informasi tentang pelanggaran AirAsia yang disampaikan Kemenhub dibantah oleh Direktur Safety and Security AirAsia Indonesia, Kapten Achmad Sadikin. Ia mengatakan bahwa tidak benar AirAsia melanggar jadwal penerbangan di rute tersebut.

“Kami pastikan itu tidak benar, kami tak akan terbang kalau ilegal,” kata Achmad di Surabaya, Jumat, 2 Desember 2014 seperti dilansir cnnindonesia.com.

Achmad juga mengklaim pihaknya selalu ada penerangan ringkas ihwal laporan cuaca setiap AirAsia akan terbang. Namun pada sidak yang dilakukan oleh Menteri Jonan di Bandara Soekarno Hatta, ternyata AirAsia tak menggelar briefing langsung bagi pilot ihwal informasi cuaca penerbangan. AirAsia hanya mengunduh dokumen informasi tersebut. (Baca:Tak Patuhi Prosedur, Menteri Jonan Damprat Direktur AirAsia)

“Setiap ada penerbangan ada brief,” kata Achmad, yang mengaku hingga malam ini pihaknya belum menerima surat pembekuan izin rute AirAsia Surabaya-Singapura. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*