Sumber: merdeka.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Rabu (30/10) melemah tipis ke posisi Rp 14.022 per dolar AS. Rupiah melemah 0,01 persen dibandingkan perdagangan hari sebelumnya.

Sementara berdasarkan Bloomberg, rupiah melemah hingga ke posisi Rp 14.030. Rupiah melemah 0,30 persen dibandingkan perdagangan sebelumnya.

Baca: Rupiah Ditutup ke Posisi Rp 14.020 per Dolar AS

Pada pembukaan pasar, rupiah telah melemah sebesar 0,11 persen. Kemudian, pelemahan rupiah semakin dalam. Namun, mata uang garuda ini berubah jelang penutupan perdagangan.

Pada penutupan perdagangan, pelemahan rupiah sudah sangat tipis. Akan tetapi, rupiah harus puas di posisi tersebut meski masih di zona merah.

Tidak hanya rupiah, sebagian mata uang utama Asia juga mengalami pelemahan. Mata uang Asia yang melemah adalah  dolar Hong Kong, rupee India dan ringgit Malaysia.  Sedangkan mata uang Asia lainnya yang sempat melemah seperti rupiah berhasil berpindah ke zona hijau.

Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, pelemahan rupiah dipicu oleh rilis data perekonomian AS yang positif.

“Rilis data ekonomi AS masih positif mengisyaratkan kemungkinan besar resesi tidak akan terjadi di AS,” kata Ibrahim, Rabu (30/10).

Dia menyampaikan, data ekonomi AS tersebut adalah penjualan ritel yang tercermin dari Redbook naik 4,3 persen secara tahunan. Selain itu, indeks harga perumahan AS pada Agustus juga naik 2 persen secara tahunan. (sh/cnbcindonesia/katadata)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*