Sumber: market.bisnis.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah ke posisi Rp 14.152 per dolar AS. Rupiiah melemah 0,16 persen dibandingkan posisi sebelumnya di Rp Rp 14.129 per dolar AS. Pergerakan rupiah cenderung stagnan pada pekan kedua Juli 2019.

Berdasarkan Bloomberg, rupiah pada perdagangan hari ini dibuka di angka 14.138 per dolar AS, melemah tipis jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.130 per dolar AS.

Baca: Rupiah Melemah ke Posisi Rp 14.125 per Dolar AS

Sejak awal bulan ini, rupiah bergerak di kisaran Rp 14.106-Rp 14.160 per dolar AS. pelemahan rupiah bisa semakin dalam seiring perjalanan pasar.

Menurut Analis Bank Mandiri Rully Arya Wisnubroto, dolar AS hari ini masih terus menguat terhadap mata uang utama lainnya. Penguatan dolar berdampak besar pada mata uang garuda.

“Dampaknya juga besar terhadap rupiah hari ini. Pasar masih menunggu sinyal kuat The Fed terkait suku bunga,” kata dia.

Rully menilai, ekspektasi pelaku pasar saat ini masih besar terhadap pemangkasan Fed Fund Rate pada akhir bulan ini. Menurutnya, rupiah hari ini akan bergerak di kisaran 14.085 per dolar AS hingga 14.165 per dolar AS.

Selain rupiah, mata uang lain yang melemah adalah dolar Hong Kong, yen Jepang, yuan China, dolar Singapura, dan baht Thailand. (sh/kontan/cnbcindonesia/liputan6)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*