Sumber: setkab.go.id

Jakarta, LiputanIslam.com– Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) secara langsung meresmikan pengoperasian Palapa Ring, sebuah konektivitas jaringan digital Indonesia, di Istana Negara Jakarta, pada Senin (14/10) siang. Presiden menyatakan bahwa Palapa Ring itu harus dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat dan kemajuan bangsa.

“Dan untuk memperkuat perdagangan kita, menghubungkan produk-produk UMKM ke jaringan pasar nasional, bahkan global,” katanya.

Presiden menegaskan, konektivitas jaringan (tol langit) itu dibangun untuk penguatan persatuan dan kesatuan bangsa. Juga memajukan pendidikan dan sector-sektor lainnya. Bukan justru untuk hal-hal negative seperti ujaran kebencian dan fitnah.

“Ujaran kebencian ndak, ndak boleh dipakai untuk ini. Ini bukan untuk hal-hal yang itu. Untuk fitnah ndak, untuk hoaks ndak, untuk fake news ndak, ini yang harus dicegah,” tegasnya.

Baca: Keluarga Adalah Kunci untuk Capai SDM Unggul

Menurutnya, kehadiran Palapa Ring juga diharapkan mampu menghadirkan rasa adil bagi seluruh warga negara Indonesia. “Setiap manusia Indonesia, dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote, memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses kemajuan teknologi ini dan terkonektivitas dengan sangat cepat,” ujarnya. (aw/setkab/tempo).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*