Sumber: trubus.id

Jakarta, LiputanIslam.com– Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak beberapa waktu lalu telah mencanangkan bahwa pada tahun 2045 Indonesia menjadi negara maju dengan sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), Pribudiarta Nur Sitepu menjelaskan, kunci untuk maju dan makmur itu dimulai dari keluarga.

“Keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat di mana setiap orang pasti tumbuh dan berkembang di keluarganya masing-masing,” ucapnya di Jakarta, pada Senin (14/10).

Menurutnya, ada sejumlah tantangan yang dihadapi Indonesia untuk mencapai SDM yang unggul tersebut. “Misalnya, meningkatnya angka pernikahan usia anak, meningkatnya angka perceraian, higga kekerasan dalam rumah tangga,” ujarnya.

Saat ini Indonesia memiliki lebih dari 81 juta keluarga. Dari jumlah itu, kasus perceraian dan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) masih cukup tinggi. Oleh karenanya, hal itu sangat disayangkan. Sebab, keluarga adalah penentu kualitas SDM Indonesia.

Baca: Modal Sosial Kunci Pembangunan Indonesia

Nur Setepu juga mendorong agar ketahanan keluarga menjadi isu yang krusial dalam pembangunan nasional yang harus digalakkan. Hal ini penting untuk mencapai SDM unggul, Indonesia maju. (aw/tempo/trubus).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*