Jakarta, LiputanIslam.com–Rektor Universitas Pancasila (UP) Profesor Wahono Sumaryono mengatakan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sangat relevan untuk bisa menangkal radikalisme dan isu separatisme.

Ia berharap semua pihak di kampus mengaplikasikan nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Itu kewajiban secara moral, terus menyosialisasikan nilai-nilai Pancasila di dalam kehidupan kampus dan juga kehidupan bermasyarakat.

“Saya mengajak civitas akademika khususnya, dan masyarakat Indonesia umumnya tidak terpancing dengan isu-isu separatisme dan tidak menumbuhkan prasangka antargolongan dan meletakkan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan,” kata Wahono di Kampus Universitas Pancasila, Rabu (11/9).

Ia juga berharap seluruh mahasiswanya dapat menerapkan pada kehidupan sehari-hari juga untuk mencegah benih-benih gerakan dan isu-isu radikalisme maupun separatisme karena radikalisme dan separatisme sudah menjangkiti generasi muda.

Baca juga: Mahfud MD: Pancasila Tidak Bisa Diganti dengan Konsep Lain

Seperti demonstrasi di Papua beberapa hari lalu yang terjadi akibat gerakan separatisme. Sebelumnya, Wakil Presiden, Jusuf Kalla, menegaskan gerakan separatisme tidak diterima di Papua karena dua provinsi di Papua itu bagian integral tidak terpisahkan dari Indonesia. Bentuk negara Indonesia adalah negara kesatuan.

Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Satya Widya Yudha, pun meminta TNI untuk tidak ragu menindak tindakan separatisme di Papua. (Ay/Antara/Republika)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*