Sumber: tribunnews.com

Solo, LiputanIslam.com– Ketua Umum Gerakan Suluh Kebangsaan sekaligus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Mahfud MD menegaskan bahwa Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia tidak bisa digantikan dengan konsep lain. Pancasila yang dianut oleh bangsa Indonesia telah mempersatukan hati masyarakat Indonesia.

Hal itu disampaikan Mahfud pada acara Halaqah Alim Ulama dengan mengangkat tema “Menguatkan Ukhuwah Melalui Pendekatan Ibroh“, di Hotel Novotel Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu (31/8).

Menurutnya, hingga saat ini masyarakat Indonesia masih menjunjung tinggi ajaran Pancasila, terbukti dari masyarakat yang konsisten menolak liberalisme. Begitu juga dengan khilafah adalah konsep yang tidak sesuai dengan bangsa Indonesia.

“Rayuan ini gampang masuk kepada orang-orang yang baru belajar Islam. Mereka cukup menanyakan benar mana ajaran Alquran dengan Pancasila, padahal keduanya tidak dapat dibandingkan,” katanya.

Baca: “NKRI Bersyariah dan Pancasila Bukan Pilar Negara”

Mahfud juga meminta semua pihak untuk bersama-sama menjaga Pancasila dan terus memperkokoh keutuhan bangsa Indonesia. “Selain itu, untuk menjaga negara adalah toleransi dan akseptasi dalam perbedaan karena perbedaan adalah ciptaan Tuhan,” tambahnya. (aw/republika/tagar).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*