Sumber: gatra.com

Jakarta, LiputanIslam.com– Pakar Tafsir Al-Quran Indonesia yang juga Penulis Kitab Tafsir al-Mishbah, Prof M.Quraish Shihab mengatakan bahwa Allah menciptakan manusia berbangsa-bangsa dan bersuku-suku dengan bahasa yang berbeda-beda. Masing-masing bangsa atau yang biasa disebut umat juga memiliki nilai tersendiri yang bisa jadi tidak dimiliki oleh umat lainnya.

Begitu juga dengan bangsa Indonesia, memiliki nilai yang disepakati bersama yakni Pancasila. “Nilai-nilai yang disepakati oleh bangsa ini adalah Pancasila. Itu yang harus digarisbawahi,” katanya pada acara Halal bi Halal dan Milad ke-47 Dewan Masjid Indonesia (DMI) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (17/7).

Menurut Quraish Shihab, semua orang dapat tertampung selama sejalan dengan nilai-nilai yang disepakati bersama itu. Namun begitu, tetap tidak boleh memaki orang yang tidak sejalan. “Jangan memaki orang walaupun tidak setuju dengan dia. Jangan memaki,” tegasnya.

Kalaupun ingin mengkritik, maka lakukan kritik dengan cara yang baik dan penuh kasih sayang. “Silakan tetapi kritik yang membangun yang penuh rahmat dan kasih sayang,” ungkapnya.

Baca: Ulama Tafsir Quraish Shihab: Islam Agama Cinta

Pada acara Halal bi Halal tersebut tampak hadir juga Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua Umum Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Maruf Amin, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj, dan Ketua Umum PP Muhammadiyah KH Haedar Nashir(aw/NU/ inisiatifnews).

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*