Sumber: medcom.id

Jakarta, LiputanIslam.com– Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menunjuk  Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin sebagai pemimpin delegasi rombongan haji (amirul hajj) Indonesia tahun 1440 H/ 2019. Penunjukan amirul hajj sesuai dengan taklimatul hajj yang dikeluarkan Pemerintah Arab Saudi. Setiap negara harus menetapkan ketua misi haji yang bertanggung jawab.

Demikian hal itu disampaikan Menag Lukman saat memimpin rapat delegasi amirul hajj dalam penyelenggaraan ibadah haji 1440 H/2019 M di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, seperti dilansir medcom.id pada Selasa (16/7).

“Selaku Menag, Presiden menetapkan saya sebagai amirul hajj untuk tahun ini. Sejak beberapa tahun terakhir, memang Presiden menetapkan Menag sebagai amirul hajj,” ucapnya.

Baca: Kemenag: Paham Radikalisme Terus Meningkat

Menag Lukman memimpin jamaah haji Indonesia dengan didampingi anggota delegasi berjumlah 13 orang. Terdiri atas 2 naib (wakil), 1 sekretaris, 8 anggota, dan 2 tim sekretariat. Para pimpinan dan anggota delegasi merupakan perwakilan dari ormas-ormas Islam.

Rencananya rombongan akan berangkat ke Arab Saudi pada 30 Juli 2019 mendatang, dan akan kembali ke Tanah Air pada 18 Agustus 2019. (aw/medcom/MI).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*