LiputanIslam.com-Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mendukung penuh presiden terpilih Joko Widodo untuk fokus meningkatkan sumber daya manusia (SDM) guna menghadapi era revolusi digital 4.0 pada pemerintahan periode kedua.

Menurut Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB Dita Indah Sari, hal itu harus diutamakan mengingat 42,2 persen dari 131 juta angkatan kerja Indonesia hanya lulusan SD dan mayoritas mereka bekerja di sektor pertanian, perikanan, serta konstruksi.

“Menurut data BPS ada sekitar 55 juta orang yang sekolahnya hanya sampai SD, bahkan tidak tamat sehingga tidak heran tingkat literasi anak-anak kita di bawah rata-rata 72 negara lain,” kata Dita dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (23/7).

Dita pun menilai kalau negara tidak intervensi habis-habisan melatih mereka, semua harapan revolusi digital 4.0 dan sejenisnya susah diwujudkan.

Baca juga: PKB Ingin Perjuangkan Kursi Ketua MPR

Dita pun menyarankan agar harapan Presiden terpilih Jokowi untuk pengembangan SDM perlu dicarikan pola koordinasi yang pas, yaitu melalui Dewan Vokasi yang nantinya ada di bawah koordinasi Menko Perekonomian, bukan Menko PMK.

“Kenapa? Karena soal kompetensi SDM adalah soal lapangan kerja, soal produktivitas. Masalah sosial itu eksesnya saja,” ujarnya.

Ketua Kaderisiasi (OKK) DPP PPP Qoyyum Abdul Jabbar pun menyampaikan partainya siap mendorong pemerintah untuk mengimbangi pembangunan infrastruktur dengan peningkatan kualitas SDM untuk meningkatkan daya saing menghadapi revolusi industri 4.0. (Ay/Antara/Akurat.co)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*