Sumber: setkab.go.id

Jakarta, LiputanIslam.com– Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa Pancasila sebagai dasar negera telah menjadi benteng  dalam menghadapi serbuan dari berbagai ideologi. Banyak ujian datang untuk menggoyahkan persatuan dan kesatuan bangsa, namun semuanya terpental berkat keteguhan masyarakat Indonesia dan nilai-nilai luhur Pancasila.

Presiden Jokowi memimpin langsung Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019 di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa (1/10) pagi.

Menurutnya, bangsa Indonesia memang ditakdirkan dalam keberagaman. Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote, yang kita saksikan adalah keberagaman etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan serta golongan yang bersatu padu membentuk Indonesia.

“Dan yang menjadi pemandu bagi persatuan itu adalah Pancasila, ideologi bangsa kita. Begitu juga proses demokrasi yang telah berhasil kita kelola dengan baik berkat nilai-nilai Pancasila yang menjadi pemandunya,” ucapnya.

Baca: Lembaga Kepresidenan Bertekad Pertahankan Pancasila

Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa khususnya pahlawan- pahlawan revolusi, Presiden Jokowi juga memimpin langsung mengheningkan cipta dalam upacara tersebut. (aw/setkab/detik).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*