Sumber: iainkediri.ac.id

Kediri, LiputanIslam.com– Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag), Ruchman Basor menyampaikan pesan kepada mahasiswa agar terus menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Negara yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Demikian hal itu disampaikan Ruchman pada kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Jawa Timur, pada Rabu (21/8).

“Negeri yang gemah ripah loh jinawi ini harus kita jaga jangan sampai dirusak oleh tangan-tangan yang tidak bertanggungjawab, salah satunya oleh kelompok yang anti terhadap Pancasila dan NKRI,” tegasnya.

Munculnya kelompok  radikal dan anti Pancasila harus diwaspadai oleh semua pihak. Dibutuhkan kepekaan nurani dan tanggungjawab bersama oleh segenap warga bangsa Indonesia yang sekarang mencapai 260 juta penduduk.

“Pancasila, Bineka Tunggal Ika, NKRI dan UUD ’45 adalah sesuatu yang final sebagai konsensus nasional para pendiri bangsa yang harus kita pertahankan,” ucapnya.

Baca: Ketua PBNU Ajak Para Dai Moderat Berani Muncul di Medsos

Sementara Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Kediri, Wahidul Anam mengatakan bahwa moderasi beragama menjadi kata kunci pengembangan kemahasiswaan di kampus IAIN Kediri. “Pintar keilmuannya saja tidak cukup, tapi pemahamannya harus moderat,” tandasnya. (aw/NU/kemenag).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*